12 Teknik SEO untuk Meningkatkan Traffic Organik di 2021 (PART 1)

Apakah kamu sudah melakukan teknik dasar dan sekarang sedang mencari tekhnik SEO untuk  menaikkan organic traffic situsmu ke level selanjutnya di 2021? Saat kamu pertama kali meluncurkan sebuah situs (atau baru saja mempelajari SEO), ada banyak hal dasar yang perlu kamu kuasai seperti:

  • Keywords
  • Optimasi title tags dan meta tags
  • Membuat konten yang optimal

Apa selanjutnya? Mungkin kamu belum siap untuk menyelam lebih dalam ke strategi SEO tahap selanjutnya tapi kamu merasa butuh perkembangan traffic yang signifikan? Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan 12 tekhnik SEO yang dapat membantumu meningkatkan performa website dan membantumu menjalankan setiap langkah ini satu demi satu. Check this out!

12 Tekhnik SEO Yang Perlu Dilakukan Di 2021

Dibawah ini adalah kumpulan tekhnik yang seharusnya kamu perhatikan untuk meningkatkan organic trafic website di 2021. Tekhnik ini bukanlah satu satunya hal yang harus kamu gunakan, tapi tekhnik ini seharusnya menjadi bagian inti dari strategimu. Dengan mengimplementasikan setiap dari cara ini, websitemu akan semakin terlihat dan mendapatkan banyak traffic.

1. Temukan Halaman Kompetitor Yang Mempunyai Performa Terbaik

Semakin kamu mengetahui strategi SEO kompetitormu, semakin baik pula performa websitemu.

Saat kamu meluangkan waktu untuk mengetahui hal apa yang bekerja di website kompetitor untuk muncul di pencarian, tekhnik analisamu akan naik ke level selanjutnya dan mengerti kenapa pendekatan seperti ini di website kompetitor.

Satu langkah awal yang efektif adalah dengan menemukan halaman kompetitor yang mempunyai performa terbaik sehingga kamu akan dapat mengembangkan gambaran dari mana dia mendapat organic traffic, dan apa yang menjadi pemicunya. Menganalisa halaman terbaik kompetitor juga dapat menunjukkanmu hal-hal seperti ini:

  • Konten/Keyword gap
  • Link gap
  • Kesempatan untuk meningkatkan konten terdahulu
  • Keyword Cannibalization

Bagaimana cara kamu dapat menemukan halaman terbaik kompetitor? Kamu dapat menuju ke SEMrush Organic Research tool dan memasukkan URL kompetitor.

SEMrush organic research tool - AlfaDigital

Alat ini akan menunjukkanmu perkiraan organic traffic situs dan sinopsis umum dari performa. Buka tab ‘Page’ pada layar ini lalu sortir berdasarkan traffic. Kamu akan menemukan halaman mana yang mempunyai performa terbaik di domain ini.
 
SEMrush organic traffic screenshot - AlfaDigital

Ini adalah cara mudah untuk menemukan halaman mana yang membawa traffic paling banyak ke website kompetitor. Kami akan menggunakan gambaran ini ke level selanjutnya untuk menemukan kenapa halaman ini mempunyai performa yang baik dan bagaimana kamu dapat membuat strategi untuk mengambil beberapa dari traffic nya.

Pikirkan ini sebagai sebuah kesempatan menganalisa atau sebagai jalan singkat untuk mengetahui dimana kamu bisa memenangkan persaingan terhadap kompetitor, daripada memulai dengan analisa keyword.

Cara ini bekerja karena membantumu menentukan area potensial mana yang dapat kamu maksimalkan kerjanya, daripada berfokus pada level keyword tertentu. Latihan ini juga dapat membantumu untuk menemukan website lain yang berkompetisi dengan websitemu sendiri. yang mungkin kamu belum mempertimbangkan sebagai kompetitor.

Klik tab ‘Competitors’ pada tool yang sama dan kamu akan melihat daftar domain yang berkompetisi, dan juga gambaran jumlah keywords atau perkiraan traffic.

SEMrush competitive page screenshot - AlfaDigital

Kemudian kamu dapat menganalisa domain ini secara individual dengan menggunakan tool untuk menciptakan gambaran detail kedalam halaman yang berpenampilan terbaik di dalam industrimu.

 

2. Buat Konten Dengan Keyword Gap Analisis

Saat membuat strategi konten, biasanya kamu akan fokus pada 2 hal:

  • Optimasi konten yang sudah ada
  • Membuat konten baru

Walaupun optimasi konten yang sudah ada seringkali menjadi titik awal yang efektif (pada akhirnya, lebih mudah untuk mendapatkan traffic dari konten awal yang sudah terindex daripada membuat konten yang baru), meninggalkan konten baru apa adanya adalah suatu benca

na.

Pada titk ini, usahamu harus beralih juga kepada konten yang baru.Tapi ingat, salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan para pelaku SEO adalah membuat konten secara buta.

Kamu perlu membuat konten dengan tujuan dan alasan kenapa konten itu dibuat. Hal ini berarti mengatur waktu untuk menyusu strategi untuk pembuatan konten baru.

Salah satu cara paling cepat untuk membuat perencanaan konten adalah menganalisa keyword gap yang akan membantumu untuk melihat keyword kompetitor apa yang mempunyai peringkat tapi tidak denganmu. Dari sana kamu akan dapat membuat konten baru disekitar keyword ini dan membuat topik untuk mengisi gap ini.

Masuk ke SEMrush Keyword Gap Tool dan masukkan domainmu beserta 4 domain kompetitormu.

SEMrush Gap Tool Screenshot - AlfaDigital

Tekan ‘compare’ dan kamu akan melihat detail gambaran dalam keyword opportunities. Tapi saya meminta kamu secara khusus untuk memperhatikan pada kolom perbandingan.

SEMrus keyword gap grid - AlfaDigital

 

Lihat filter pada bagian atas kolom?

‘Missing‘ akan memperlihatkanmu keyword kompetitor apa yang mendapatkan peringkat, tapi kamu tidak. Sedangkan ‘untapped‘ menunjukkan keywords berperingkat setidaknya satu dari yang lain.

Saya merekomendasikan untuk menyeleksi baik dari ‘volume’ atau ‘KD%’ (keyword difficulty) tergantung apakah kamu mempunyai otoritas situs yang cukup untuk berkompetisi dengan pencarian bervolume tinggi. Jika situsmu masih baru, kamu dapat menargetkan pencarian dengan KD% yang lebih rendah.

Kamu dapat menggunakan keywords gap ini untuk membuat strategi konten dan membantumu mendapatkan peringkat seperti kompetitormu.

 

3. Gunakan PR Digital Untuk Mendapatkan Backlink Authority

Salah satu tantangan terbesar yang pelaku SEO hadapi adalah bagaimana mendapatkan backlink authority. 

Backlink tetap menjadi salah satu dari 3 (tiga) faktor utama peringkat Google, dan walaupun ada banyak strategi link building berbeda yang dapat membantumu untuk mendapatkan link relevan dengan sukses, fakta bahwa banyak strategi ini sulit untuk dijalankan secara efektif.

Saat kita melihat panduan skema link Google, kita dapat melihat dengan jelas bahwa rekomendasinya adalah:

Cara terbaik untuk mendapatkan link relevan – kualitas tinggi dari situs lain yang terhubung dengan situsmu adalah dengan menciptakan konten unik dan relevan yang mendapatkan popularitas tinggi secara alami di kalangan pengguna Internet. Membuat konten yang baik akan terbayar dengan lebih banyak orang lain menemukan kontenmu, sehingga dia akan merekomendasikan linkmu di halaman website mereka.

 

Dan satu cara yang akan membantumu agar editor menempatkan linkmu di website mereka adalah dengan konten PR (Public Relation) digital.

Konten yang sering digunakan oleh jurnalis atau publisher untuk dicantumkan di situs mereka adalah:

  • Infographics
  • Penelitian pembelajaran
  • Peralatan
  • Pendapat ahli

Tapi sungguh, berpikirlah seperti seorang PR dan mengeksekusinya sebagai pelaku SEO. PR  Digital tidak berarti tentang mempromosikan konten dengan press release, tetapi dengan mempromosikan link aset dengan strategi yang terbaik. Dengan strategi konten yang baik akan mengantarkan banyak link kamu kedalam situs mereka.

Lihatlah bagaimana Comparisun mendaptkan link dari seribu referring domains.

SEMrush PR Digital - AlfaDigital

Manfaat lain dari PR Digital adalah:

  • Mengantarkan traffic referral
  • Menciptakan interaksi social
  • Meningkatkan kesadaran merk
  • Menciptakan penjualan
[penci_related_posts title=”You Might Be Interested In” number=”4″ style=”grid” align=”none” displayby=”recent_posts” orderby=”random”]

4. Tingkatkan Organic CTR Dengan Uji PPC

CTR (Click Through Rate) adalah salah satu faktor peringkat dan ini adalah sesuatu yang harus kamu optimasi. Tapi mari kita break down elemen apa saja yang dapat berpengaruh kepada CTR situsmu. Berikut adalah elemennya:

  • Title tag
  • Meta deskripsi

Setidaknya, elemen ini adalah yang dapat kamu kuasai secara penuh (tetap ingat bahwa tambahan ruang iklan, blok gambar dan sejenisnya dapat menurunkan traffic organik yang berpengaruh kepada CTR yang rendah). Tapi bagaimana kamu bisa tahu bahwa title tag atau meta deskripsi akan mengantarkan CTR yang lebih tinggi?

Kamu harus mengujinya…

Walaupun kamu dapat melakukan ini pada periode waktu yang lebih lama dengan mengubah dan mengukur hasilnya, variabel lain akan memainkan perannya juga. Jika kamu tidak ingin menunggu hasilnya lebih lama, kamu dapat menggunakan PPC (Pay Per Click) untuk menguji title tag dan meta deskripsi ini.

Bahkan jika kamu tidak menggunakan kampanye bisnis PPC, meggunakan iklan untuk menguji beberapa halaman dengan berbagai title tag dan meta deskripsi adalah hal yang patut untuk dicoba. Kamu tidak akan mendapatan sejumlah like seperti iklan untuk sosial media, tapi kamu akan mendapatkan data yang kuat disekitar keyword dan juga judul misalnya.

Pastikan untuk mengatur test mu dengan proper untuk menentukan hal apa yang mempengaruhi CTR paling besar terhadap kontenmu.

  1. Untuk menentukan title tag terbaik untuk digunakan, cobala uji dengan setidaknya tiga headlines berbeda tapi tetap dengan deskripsi yang sama untuk masing-masing.
  2. Untuk menentukan deskripsi terbaik untuk digunakan, uji 3 deskripsi berbeda tapi dengan judul yang sama.

Jadi selama kamu mendapatkan jumlah klik yang cukup di iklanmu, kamu dapat menulis ulang title tag dan meta deskripsi menggunakan data performa ini dan meningkatkan organic CTR.

5. Ambil Broken Backlink Dari Kompetitor

Kita semua tahu untuk mendapatkan baclink yang berkualitas itu sangat sulit, tapi ada satu strategi yang cukup oke dapat kamu gunakan yaitu broken link building.

Masukkan domain kompetitor di SEMrush Backlink Analytics Tool, buka tab ‘indexed pages’ tab. dan centang kotak ‘target url error’.

SEMrush Backlink Analytics - AlfaDigital

 

Lihatlah pada pada contoh teratas pada daftar ini. Buka linknya, dan kita akan melihat dengan jelas bahwa ini adalah error 404:

 

SEMrush 404 Error - AlfaDigital

 

Klik link yang ada di tool, yang akan membuka gambaran khusus dari URL ini. Klik pada tab ‘backlink’.

SEMrush Backlink Check - AlfaDigital

Sampai tahap ini, sortir pada tab ‘follow’ untuk menampilkan link dengan atribut ‘follow’ saja.

Ini merupakan kesempatanmu untuk menawarkannya agar menggunakan kontenmu yang serupa sebagai pengganti broken link ini (kamu mungkin perlu membuat konten ini terlebih dahulu).

Kamu dapat menawarkan bantuan kepada pemilik website ini agar dapat mencegah pengguna mendapatkan pengalaman yang buruk di situs mereka yang disebabkan oleh adanya broken link tersebut.

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email kamu. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *