Cara Mengaktifkan Instagram Shop Dengan Mudah

Instagram Shop - AlfaDigital

Instagram Shop

Jika kamu menjual produk fisik secara online, kamu harus mencoba juga cara promosi di Instagram Shop. Daripada mengarahkan pengunjung dari akun Instagram ke website, Instagram shop memungkinkan mereka untuk memilih dan membeli produk dengan mudah langsung dari aplikasi.

Dengan lebih dari 1 juta pelanggan setiap bulan, kamu sudah mempunyai calon pembeli di Instagram. Buatlah mereka dengan mudah untuk menemukan dan membeli produkmu langsung dari postingan Instagram Shop!

1. Kenapa Kamu Harus Menggunakan  Instagam Shop?

Instagram adalah platform penting untuk brand, dengan 200 juta pengguna Instagram yang mengunjungi setidaknya satu profil bisnis setiap hari.

Dulu, kamu dapat menggunakan Instagram untuk membangun audiens dan berinteraksi dengan mereka, mengarahkan mereka untuk mengunjungi websitemu. Tapi sejak 2017, Instagram Shop telah memungkinkan brands untuk mengubah profil mereka menjadi toko virtual. Pengguna dapat berbelanja seperti Ariana Grande –suka, lihat, ingin, dapat– dalam sekali transaksi mudah. 😀

Kesempatan ini sangat besar: 70% penggila shopping menggunakan Instagram untuk mencari produk, dan lebih dari 130 juta pengguna setidaknya mengunjungi satu post jualan setiap bulannya. Hanya dalam beberapa langkah, kamu dapat mengatur Instagram Shop dengan mudah, sebuah pengalaman berbelanja yang menyenangkan bagi pengunjungmu.

Ayo kita mulai!!

2. Bagaimana cara menyiapkan postingan Instagram Shop

Memulai Instagram Shop untuk pertama kalinya membutuhkan sedikit usaha, tapi setelah beberapa hari semuanya akan mudah! Gunakan chekcklist sederhana ini.

Langkah 1: Pastikan akunmu memenuhi syarat

Sebelum kamu dapat mengatur Instagram Shop, kamu harus memastikan bahwa bisnismu memenuhi 3 kriteria.

  • Kamu berada di negara dimana Instagram Shop tersedia. Periksa di daftar ini. Ingat, hanya barang fisik yang dapat dijual.

Langkah 2: Buat katalog produk di Facebook

Begitu kamu sudah menambahkan produk produk kedalam katalog, kamu akan dapat menggunakan tag produk di postingan dan story Instagram. Kamu juga dapat membuat toko di Halaman Facebook.

Tips: Saat menambahkan nama produk, pastikan kamu sudah menulis deskripsi produk sehingga pengunjung dapat mengetahui item mana dalam foto yang sudah diberi tag. Misal, “Patrobas Ivan High” akan lebih membantu daripada hanya sekedar “Patrobas” saja.

Langkah 3: Mendapat persetujuan Instagram Shop

Begitu kamu sudah menyiapkan katalog dan memastikan bahwa bisnismu memenuhi persyaratan, kamu dapat mengirimkan permintaan agar akunmu dapat ditinjau oleh Instagram.

Pergi ke Pengaturan, pilih Bisnis, dan Daftar Instagram Shop. Ikuti langkah-langkahnya dan tekan daftar. Peninjauan dan persetujuan mungkin membutuhkan waktu beberapa hari.

Instagram Shop - Disetujui

Langkah 4: Menyalakan fitur belanja di aplikasi Instagram

Begitu akunmu mendapat persetujuan, kamu akan melihat piihan baru dibawah Pengaturan dan Bisnis, dengan judul Belanja. Pilih untuk menyalakan fitur belanja di aplikasi Instagram.

Langkah 5: Siapkan postingan belanja Instagram pertamamu!

Kamu sudah siap untuk berjualan! Pertama, upload foto seperti biasa. Kemudian tekan pada item yang ingin kamu beri tanda. Kamu dapat memberi tanda sampai lima produk untuk setiap postingan.

Tulis nama produk yang ingin kamu beri tanda. Tulisan ini harus berhubungan dengan nama di katalog produkmu. Pilih saat mereka nampak pada kotak pencarian.

Tag Product- AlfaDigital

3. Menyiapkan story Instagram Shop

Lebih dari 500 juta pengguna melihat Instagram Story setiap hari. Pelanggan juga dapat berbelanja lewat Storymu. Kamu dapat memberi satu tag disetiap Instagram Story. Mulai dengan meng-upload storymu. Kemudian pilih ikon rantai di kiri atas dan pilih Produk. Darisana, pilih barang dari katalog produkmu.

Tips: Kamu dapat memodifikasi tampilan stiker produk untuk menyamai warna story mu.

Instagram Shop - Story

4. 9 tips untuk menjual produk dengan Instagram Shop

Menjual produkmu di Instagram adalah hal yang sederhana, tapi tidak berarti tanpa usaha sama sekali. Kamu harus berfikir kreatif mengguakan postingan dan story Instagram.

Untuk membantumu, kami telah menyiapkan beberapa tips terbaik untuk menjual produk seperti:

1. Gunakan tampilan yang mencolok

Tidak peduli seberapa banyak platform berubah, fungsi dari gambar dan video yang mencolok di Instagram tetap sama. Foto dan video berkualitas tingga adalah kunci untuk tampil menonjol dari kumpulan dan membuat pengguna berhenti untuk melihat.

Instagram Shop - Visual strike

Seringkali Instagram mengubah spesifikasi gambar dan videonya. Pastikan kamu meng-upload ukuran file yang benar untuk memastikan fotomu terlihat tajam.

Foto produk haruslah menarik, ditambah dengan detail yang mengejutkan yang akan membuat pengguna untuk melihat lebih dekat.

2. Tambahkan tagar

Menggunakan tagar Instagram yang relevan adalah strategi yang pintar untuk semua konten termasuk konten belanja. Mereka memungkinkan kontenmu mudah ditemukan dan menambah keterikatan disetiap postingan.

Mereka juga dapat membantumu berada di halaman Jelajah, yang mempunyai tab “Belanja” khusus dan dikunjungi lebih dari 50% pengguna Instagram setiap bulan (lebih dari 500 juta orang)

Tips untuk memilih tagar yang relevan:

  • Lakukan penelitian. Periksa tagar yang kompetitormu gunakan, dan seleksi tagar mana yang populer di dalam bisnismu.
  • Jangan over! Hanya karena kamu dapat menggunakan 30 tagar disetiap pos, tidak berarti kamu dapat menggunakannya. 9 adalah nomer ajaib.
  • Jangan asal! Ada banyak sekali cerita dari beberapa merk yang “terdampar” di tagar sembarangan yang justru malah merugikan mereka.

Kamu harus dapat mengawasi setiap tagar yang digunakan pada setiap postingan. Instagram Analytics akan membuatmu lebih mudah untuk melhat tagar mana yang efektif, sehingga kamu dapat mengatur strategimu.

3. Bagikan kode promosi

Kekuatan dari promosi yang tepat memang tidak terbantahkan. Berapa banyak dari kita yang hanya menambahkan barang ke keranjang belanja dan menekan tombol “Beli” saat diskon 20% muncul?

Instagram Shop - Discount

Buat kamu yang berjualan di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, atau Lazada menghubungkan Instagram Shop dengan akun marketplacemu adalah keharusan. Pembeli dapat langsung diarahkan secara otomatis saat mereka menekan tombol “Beli Sekarang” dari halaman produk website menuju halaman produk di marketplace. Kamu tidak perlu pusing lagi untuk membuat kode promo di website, karena kamu sudah mempunyai kode promo di marketplace. Kamu dapat menghubungi kami jika tertarik dengan layanan ini.

4. Tampilkan produkmu dalam aksi

Menampilkan video produk pada postingan belanja adalah taktik yang jitu. Kamu akan membuat pengunjung dapat merasakan pengalaman bagaimana jika mereka menggunakan produk itu.

Hal ini karena otak manusia lebih mudah mengingat benda yang bergerak daripada benda yang diam. Sampai disini kamu paham mengapa merk besar dan ternama hampir selalu menggunakan video untuk iklan mereka?

5. Bermain dengan warna

Jika kamu pernah melihat video dokumentasi tentang alam, kamu pasti mengetahui jika burung menggunakan bulu yang cerah untuk menarik lawan jenis. Gunakan tips ini dan buat postingan produkmu  eye-catching.

BACA JUGA: 10 TIPS SEO UNTUK PEMULA

6. Perlihatkan gaya ciri khas

Mempunyai konten Instagram estetik yang konsisten akan membantu meningkatkan nilai jual merk dagang dan memberikan ciri khas. Hal ini juga membantu pelanggan mudah untuk menemukan postinganmu saat berada di halaman Explore.

Ciri khas ini juga harus konsisten dengan tampilan visual merk dagangmu dimanapun juga. Website, iklan, dan bungkus produk harus sesuai dan selaras dengan foto-foto yang sudah ada.[penci_related_posts title=”You Might Be Interested In” number=”4″ style=”grid” align=”none” displayby=”recent_posts” orderby=”random”]

5. Instagram Checkout

Instagram Checkout adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk membayar produk tanpa harus meninggalkan aplikasi Instagram.

Menurut Instagram, “Checkout meningkatkan pengalaman belanja dengan membuat pembayaran menjadi sederhana, nyaman dan aman. Orang-orang tidak perlu lagi untuk pergi ke browser dimana mereka ingin membeli. Dan dengan informasi pembayaran terlindung di satu tempat, mereka dapat membeli merk favorit mereka tanpa harus log in dan memasukkan informasi mereka berkali-kali.”

Sayangnya fitur ini masih dalam tahap beta di Amerika Serikat. 23 merk termasuk Nike, Outdoor Voices, dan Zara telah menjadi bagian dari tes ini sebelum akhirnya Instagram Checkout dirilis secara global.

Sejak Maret 2019, sudah tidak ada lagi instruksi set up yang tersedia untuk merk-merk yang lain. Tapi untuk merk yang ingin sekali berpartisipasi dapat menggunakan platform baik itu Shopify attau BigCommerce-2 platform yang bekerja sama dengan Instagram pada fitur Checkout ini.

Berbelanja di Instagram semakin berkembang dan populer, dan hanya masalah waktu sampai fitur Instagram Checkout ada dimana saja. Jadi mulailah sekarang, dan rasakan bagaimana fitur ini dapat memberikan manfaat untuk perkembangan bisnismu!

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email kamu. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *